Terwujudnya Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera

Wakil Bupati Bengkalis Launching Sekolah Lansia Inshan Ghofur Rohim

Wakil Bupati Bengkalis Launching Sekolah Lansia Inshan Ghofur Rohim

BANTAN -- Bupati Bengkalis Kasmarni, S.Sos., MMP pada kesempatan itu diwakili Wakil Bupati Bengkalis DR. H. Bagus Santoso launching Sekolah Lansia Inshan Ghofur Rohim dengan disaksikan Staf Ahli Bupati Hukum dan Politik Ed Efendi, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkalis H. Hambali, S.Pd.I, Kepala OPD yang hadir, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Hj. Siti Aisyah, Camat Bantan Rafli Kurniawan, S.IP., M.Si, PKB Kecamatan Bantan Hadi Darma, SH.I dan peserta lansia yang hadir. Kegiatan dilaksanakan di gedung pertemuan Desa Selat Baru Kecamatan Bantan, Kamis (13/06/2024).

Sebelum di launching Sekolah lansia Inshan Ghofur Rohim launchingkan oleh Wakil Bupati Bengkalis. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkalis H. Hambali pada sambutan mengatakan lansia sering dipersepsikan disebut beban keluarga dan masyarakat, karena minimnya kegiatan yang bermanfaat yang dapat dilakukan oleh lansia, kehidupannya sangat tergantung kepada orang lain, terutama kepada keluarga dan lingkungan terdekat, penomena ini akan hilang.

“Lansia yang ada di daerah ini dapat kita berdayakan, sehingga menjadi lebih berkualitas, sehat, aktif, pruduktif serta tidak menjadi beban keluarga dan masyarakat”, harap Kadis Dalduk & KB Kabupaten Bengkalis H. Hambali.

Tujuan sekolah lansia dikelompok BKL ini adalah untuk mewujudkan lansia yang "SMART" ( Sehat, Mandiri, Akatif Produktif dan Bermartabat ) melalui 7 lansia tangguh, yakni dimensi spirtual, dimensi fisik, dimensi emosiaonal, dimensi intlektual, dimensi sosial kemasyarakatan, dimensi profesiaonal, dimensi vokasional dan dimensi lingkungan, sehingga lansia bisa mandiri, bahagia dan sejahtera.

 

Sekolah lansia di Kabupaten Bengkalis baru dibentuk satu sekolah lansia, yaitu di Desa Selatbaru Kecamatan Bantan, ini merupakan sekolah percontohan, karena satu-satunya di Kabupaten Benkalis, kepengurusan nya pun sudah ditetapkan dengan surat keputusan Kepala Desa Selatbaru Nomor56 tahun 2024, tentang kepengurusan sekolah lansia dengan nama sekolah lansia “Inshan Ghofur Rohim” dengan struktur organisasi terdiri dari kepala sekolah, ketua kelas, wakil ketua kelas, bendahara, serta siswa belajar sebanyak 40 orang.       

                                                  

Hari bersama-sama diacara launching sekolah lansia, kami dari Pemerintah Kabupaten menyambut baik dan mengapresiasi terbentuknya sekolah lansia ini, sekolah ini sebagai wujud dan bentuk kepedulian, perhatian dan penghormatan kita semua terhadap lansia.

“Melalui pembentukan sekolah lansia ini, lansia Kabupaten Bengkalis, khususnya lansia yang menjadi siswa sekolah ini, harus menjadi lansia yang tangguh, mandiri, sehat, aktif, energik produktif dalam kehidupan, karena ini adalah salah satu upaya untuk menjaga eksistensi bangsa ini, orang tua yang sudah berusia lanjut adalah sumber nasehat dan restu sehingga harus dihormati dan harus mendapatkan perhatian, kepedulian dan kebahagiaan terutama dari lingkungan dan keluarga”, harap Wakil Bupati Bengkalis DR. H. Bagus Santoso

Kami yakin dan percaya berdirinya sekolah lansia ini akan menjadi salah satu wadah dalam membentuk lansia tangguh dan mandiri, untuk itu kami minta kepada pihak-pihak terkait sekolah ini bukan hanya sekedar berdiri dan diresmikan tetapi juga progres program nya juga harus terus berkembang dan semakin baik.

Materi yang disampaikan pada sekolah lansia ini juga tidak hanya sekedar mempelajari aspek fisik namun didalamnya memiliki keterkaitan antar elemen baik fisik, sosial, psikologis, ekonomi dan spiritual tetapi diharapkan program kelanjut usia, sekolah lansia ini tidak akan berhasil tanpa dukungan bapak dan ibu sekalian para pemangku kepentingan di Kabupaten Bengkalis, mudah-mudahan program ini terus berkembang, sehingga sekolah lansia ini tidak hanya ada dan dibentuk di Kecamatan Bantan, tetapi juga dibentuk dan ada di Kecamatan-Kecamatan lain nantinya. (OPR)

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment