Terwujudnya Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera

Orientasi Pendampingan TPK untuk Peningkatan Pelayanan dan Pengukuran CatinTPK adalah Ujung Tombak dalam Mencagah Stunting

Orientasi Pendampingan TPK untuk Peningkatan Pelayanan dan Pengukuran Catin

BENGKALIS -- Orientasi Pendampingan Tim Pendamping Keluarga (TPK) untuk peningkatan pelayanan dan pengukuran catin dan pasangan baru menikah dari dua Kecamatan Bantan dan Bengkalis tingkat Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan tersebut bertempat di halaman Wisma Pak Wan jalan Hang Tuah Bengkalis. Selasa (9/7/24)

TPK tersebut terdiri dari Bidan, Kader TP PKK dan Kader KB. Yang tugasnya salah satu mendampingi Catin, untuk tugas lain TPK adalah Pendataan Baduta, Ibu Hamil, Catin dan laporan dan input data Elsimil.

TPK yang terdapat di Desanya sendiri sangat tau sekali kondisinya dilapangan selama ini, bersama masyarakat dan pihak Desa dalam menurunkan stunting untuk mewujudkan keluarga berkualitas sehingga cita- cita Kabupaten Bengkalis yang bermasa dapat terwujudkan.

"Kepada Kader TPK, Bupati Bengkalis menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya, karena sebagai ujung tombak pendampingan mewujudkan keluarga bebas stunting. Semoga dedikasi tersebut terus dapat ditingkatkan", harap Kasmarni yang pada kesempatan itu diwakili oleh Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkalis H. Hambali.

Seterusnya kegiatan ini adalah salah satu upaya meningkatkan kapasitas dan pemahaman Kader TPK dalam meningkatkan pelayanan dan pengukuran terhadap sasaran calon pengantin. Dengan kegiatan ini tentu diharapkan pencegahan stunting dari hulu dapat terus berjalan dengan masif dan berkualitas hingga pada akhirnya terjadinya kasus stunting baru dapat dicegah.

“Kader TPK diharapkan terus maksimalkan pendampingan dan terus melakukan pencatatan dan pelaporan kepada seluruh sasaran, karena hasil pencatatan dan pelaporan tersebut menjadi dasar penyusunan kebijakan bagi pemerintah daerah maupun pusat”, harap H. Hambali.

Kegiatan dibuka langsung Kepala BKKBN pada kesempatan itu diwakili oleh A. Nopian Hendriawan Didektorat Bina Penggerakan Lini Lapangan. Dalam sambutannya menyampaikan harapan dalam mencegah stunting dimulai dari hulu, yaitu dari catin, dengan melaksanakan skrining kesehatan pada hari ini.
“Kami harapkan kepada catin yang datang hari ini untuk dapat melakukan skrining semua, karena sangat berguna bagi catin dalam mencegah kelahiran anak stunting”, harap A. Nopian Hendriawan.

Kegiatan tersebut bertujuan Mensosialisasikan kebijakan dan implementasi pemeriksaan kesehatan Catin atau Calon PUS dalam pencegahan stunting dari hulu kepada calon pengantin, Meningkatkan wawasan catin dan keluarga atau pasangan baru dalam pencegahan resiko stunting, Terlaksananya pemeriksaan kesehatan bagi catin dan keluarga atau pasangan baru dan Meningkatkan data pendampingan kedalam aplikasi Elsimil serta kegiatan ini dibiayai dana hibah BKKBN pusat.

Hadiri perwakilan BKKBN Provinsi Riau Ketua Tim Pokja Adpin Sri Wahyuni dan tim, Kabid KB Jepri, Fungsional KKB Ahli Muda Laili, Satgas Stunting Bengkalis Budi Santoso, Perwakilan Puskermas Bantan dan Bengkalis, Kepala KUA Bengkalis, PKB Bantan dan TBK Bantan dan Bengkalis. (OPR)

 

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment