DisdaldukKB Kabupaten Bengkalis Laksanakan Orientasi Tim Pendamping Keluarga

DisdaldukKB Kabupaten Bengkalis Laksanakan Orientasi Tim Pendamping Keluarga


BANTAN -- Dalam rangka percepatan penurunan stunting, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkalis membentuk Tim Pendamping Keluarga (TPK) Percepatan Penurunan Stunting di setiap Desa se-Kecamatan Bantan. Tim ini bertugas untuk memonitor dan melaporkan kasus stunting di wilayah masing-masing.

TPK terdiri dari tiga unsur, yaitu bidan atau tenaga kesehatan, PKK, dan kader Keluarga Berencana (KB). Tim akan bekerja dibawah koordinasi Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Bantan.

TPK akan melakukan pendampingan pada tiga kelompok sasaran, yaitu calon pengantin, ibu hamil, serta baduta dan balita. Tugasnya adalah melakukan pengawasan dan edukasi kepada kelompok sasaran untuk mencegah stunting.

Untuk meningkatkan pengetahuan TPK, Rabu, 24 November 2021, bertempat di Aula Kecamatan Bantan, DisdaldukKB Kabupaten Bengkalis melaksanakan Orientasi TPK.

Pada sambutan, Plt. Kepala DisdaldukKB Kabupaten Bengkalis Imam Subchi, SKM., M.Si pada kesempatan itu diwakili oleh Kabid Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Hendrik Dwi Yatmoko, S.Sos., MT menyampaikan peran kader TPK sangat besar dalam menurunkan kasus stunting di Desa masing-masing.

"Kita berharap dari pembekalan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri kader TPK dalam melakukan pendampingan pada kelompok sasaran," ujarnya.

Bertindak sebagai narasumber Imelda, A.Md Keb dan narasumber Aplikasi Esimil staf DisdaldukKB Kabupaten Bengkalis Angga Sanianto, SKM dan PLKB Kecamatan Bantan.

Selanjutnya, hadir Camat Bantan Mutu Saili, S.IP., MPA dan perwakilan PKK Kecamatan Bantan Sri Rezeki, SKM. (OPR)

 


0 Komentar

Tulis Komentar