Bupati Bengkalis Buka Pelatihan Anggota Kelompok UPPKA Tingkat Kabupaten Bengkalis

Bupati Bengkalis Buka Pelatihan Anggota Kelompok UPPKA Tingkat Kabupaten Bengkalis

Foto bersama setelah pembukaan pelatihan anggota UPPKA


BENGKALIS -- Bupati Bengkalis Kasmarni, S.Sos., MMP membuka pelatihan anggota kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) tingkat Kabupaten Bengkalis Tahun 2022. Pembukaan pelatihan dilaksanakan di Balai Kerapatan Adat Wisma Sri Mahkota Bengkalis. Selasa (19/07/22)

Pelatihan anggota UPPKA bertemakan “Pemberdayaan Ekonomi Keluarga dengan memenuhi program sebagai upaya pencegahan stunting di daerah ini”.

Kegiatan dibuat oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DisdaldukKB) Kabupaten Bengkalis kepada anggota UPPKA perwakilan Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis dengan jumlah peserta anggota UPPKA 40 orang.

“Kami berharap kepada 40 orang peserta yang ikut pelatihan ini dapat menambah wawasan tentang program Bangga Kecana, anggota UPPKA dapat menciptakan produk dengan peluang pasar, memiliki kertearampilan dengan mengelola barang bekas dan daur ulang, memiliki pengetahuan dalam pemasaran produk dan marketing, dan pelaporan UPPKA”, harap Kadis DaldukKB Kabupaten Bengkalis H. Hambali, S.Pd.I

Selanjutnya, Bupati Bengkalis menyambut baik dengan dilaksanakannya kegiatan pelatihan bagi anggota UPPKA, sebagai salah satu langkah efektif kita bersama, guna meningkatkan pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat. Tak kalah pentingnya, hal ini tentunya berguna dalam peningkatan kepesertaan ber-KB masyarakat, dalam rangka pengendalian kependudukan.

“Pemerintah sangat berkeinginan, agar kelompok kegiatan pendukung program KB, terutama dari keluarga pra sejahtera untuk dapat meningkatkan kesejahteraan hidup keluarganya, melalui kegiatan usaha dari program UPPKA. Program UPPKA merupakan kelompok usaha masyarakat yang para anggotanya sebagian besar adalah perempuan dan ibu rumah tangga”, sebut Bupati Bengkalis

Pelatihan Uppka salah satu bentuk dari penjabaran dan program unggulan kita. karena kami berkeinginan agar perempuan didaerah ini memiliki tekat serta komitmen yang kuat untuk berdaya dan sejahtera, dengan diberikan pelatihan soft skill, sehingga kedepannya dapat meningkatkan ekonomi keluarga, yang kesemuanya akan bermuara pada kesejahteraan keluarga.

“Kepada Dinas DaldukKB Kabupaten Bengkalis bangun koordinasi, sinergi, kolaborasi serta komunikasi dengan stakeholder terkait, baik itu perangkat daerah, Kadin, BUMN, BUMD, dunia usaha maupun dunia kerja untuk membantu pengembangan dan pemberdayaan UPPKA ini. mengingat, pekerjaan besar ini harus dilakukan secara holistik dan integratif oleh lintas sektor dengan berlandaskan gotong-royong. karena, jika pengembangan UPPKA ini hanya dilakukan oleh satu atau dua sektor saja, maka saya yakin tujuan dari uppka ini tidak akan pernah tercapai.” Ingat Bupati Bengkalis Kasmarni, S.Sos., MM.

Turut hadir pada pembukaan pelatihan UPPKA Bupati Bengkalis, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Alfakhrurrazy, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Heri Indra Putra, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkalis H. Hambali, S.Pd.I, Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Hj Siti Aisyah, Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Sub Koordinator Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Dian Febrika Utami, Sekretaris H.Ediyanto, SKM., M.Si, Kabid yang ada DisdaldukKB dan staf, Camat se-Kabupaten Bengkalis dan Porkopinda. (OPR)

 

 

 


0 Komentar

Tulis Komentar